Step Mengembangkan Bisnis ke Digital

Step Mengembangkan Bisnis ke Digital



Bagi kamu yang sudah memiliki bisnis tapi sampai saat ini belum punya website atau kamu punya rencana memulai bisnis namun bingung menentukan target pasar offline atau online, berarti sekarang kamu berada di website yang tepat. Menurut Lombok Industries, jika kamu ingin memulai bisnis saat ini, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum membuat website, app, dan lain-lain, yaitu:

  1. 1. Bagusnya sih kamu harus ada bisnis offline yang sudah jalan dulu, sudah punya pelanggan, ada cashflow, di waktu inilah kamu harus mengembangkan bisnis kamu ke digital dengan membuat website, aplikasi, dan lain-lain. Karena dengan begitu, selain kamu bisa menjangkau pasar yang lebih luas, kamu juga lebih mudah dalam memanage barang/jasa, pelanggan, dan keuangan bisnis kamu.
  2. 2. Kalau mulai dari 0, baru mulai bisnis langsung menargetkan pasar online dengan berjualan di marketplace dan social media. Ini bisa juga kamu lakukan, hanya saja tidak segampang yang dikira. Berjualan di sosial media dengan hanya menargetkan friend list sebagai target market, itu bisa saja dilakukan, tapi selain lama proses sampai ada penjualan, profitnya juga sedikit karena produkmu seringkali akan terjual dengan harga teman. Berjualan di marketplace sekarang kamu akan menemukan banyak pesaing, selain itu peraturan marketplace juga semakin ketat yang mengharuskan kamu mengeluarkan biaya untuk iklan agar produkmu bisa tetap diurutan pertama. Tapi itupun tidak berlangsung lama, karena mungkin competitor kamu juga lebih mampu banyak mahal untuk mengambil posisi pertama tersebut. Dan kalau tanpa iklan, bisa-bisa produkmu berada diurutan yang tidak pernah terlihat oleh orang.
  3. 3. Ok, bagaimana kalau baru mulai bisnis tapi langsung bikin website? Tidak masalah, karena kamu bisa memiliki sebuah website itu hanya dengan artikel-artikel yang berfungsi menjelaskan siapa kamu dan apa bisnismu kepada pengguna internet yang jumlahnya 4.5 miliar lebih. Inilah strategi awal untuk mendapatkan traffic dan juga memperkenalkan bisnis kamu, jadi pengguna internet akan mengingat dari brand yang kamu tawarkan. Setelah ada website, ada artikel, kamu boleh langsung mempublish produk-produk yang kamu tawarkan. Sehingga jika ada pengguna internet yang tertarik, mereka bisa membeli langsung dari website dengan harga yang kamu tentukan tanpa ada persaingan dari kompetitor lain. Itulah gunanya website, kamu bisa punya market sendiri, brand sendiri, harga sendiri tanpa takut bersaing dengan yang lain.
  4. 4. Memiliki website sendiri untuk bisnis kamu pastinya punya banyak manfaat, yaitu kamu bisa membangun Brand kamu sendiri, membangun pasar sendiri, dan berfungsi media utama jika pelanggan datang dari media lain seperti social media, bisa langsung dialihkan ke website. Selain itu seperti yang sudah dijelaskan pada artikel manfaat website untuk bisnis, silahkan dibaca.
  5. 5. Langsung saja konsultasi dengan kami, agar kamu bisa mendapatkan solusi dengan cepat!

Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.